Hot!

Mengenakan Cadar Ketika Shalat




Oleh: Dr. Ahmad Zain An-Najah

Sameeh.net - 

Pertanyaan:

Sekarang bnyk akhwat yg sholat tidak membuka cadar dengan alasan kerena tempat terbuka banyak laki-laki yang lewat, tapi juga ada an diatas tempat kusus akhwat dan tidak ada laki-laki yang lewat tetep tidak mau buka cadarnya dalam sholat, bagaimana hukumnya? Tolong dibahas aturannya ustadz.

Dan bagaimana hukum memakai kaos tangan ketika shalat?

Jawaban:

Orang yang shalat hendaknya membuka wajahnya, baik laki-laki maupun perempuan, karena salah satu anggota sujud terdapat di wajah, yaitu dahi dan hidung. Sebagaimana hadist Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ عَلَى الْجَبْهَةِ – وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ – وَالْيَدَيْنِ ، وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ

_“Aku diperintahkan bersujud dengan tujuh bagian anggota badan: Dahi (termasuk juga hidung, beliau mengisyaratkan dengan tangannya), kedua telapak tangan, kedua lutut kaki, dan jari jari kedua kaki"_ (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadist di atas disimpulkan bahwa laki-laki yang menutup wajahnya atau wanita yang mengenakan cadar ketika shalat hukumnya makruh, sebagaimana disebutkan oleh banyak ulama, diantaranya Imam An Nawawi dalam kitab Al-Majmu' dan Al Bahuti dalam Kasysyafu Al-Qina'.

Walaupun begitu shalat nya masih di anggap sah.

Bagaimana jika di suatu masjid terdapat banyak laki-laki yang lewat? 

Jawabannya dibolehkan dalam keadaan seperti ini shalat mengenakan cadar karena darurat. Jika laki-laki sudah lewat hendaknya cadarnya dibuka kembali.

Adapun hukum memakai kaos tangan ketika shalat, para ulama berbeda pendapat; sebagian mereka seperti Hanabilah mewajibkan untuk menutup kedua tangan, tetapi ulama yang lain membolehkan untuk dibuka, dan pendapat ini yang lebih tepat.

Wallahu A'lam