Hot!

Tak Terasa Waktu Begitu Cepat





Sameeh.net - Waktu begitu cepat, tak terasa kita melewatinya begitu saja. Sungguh disayangkan ada diantara kita mungkin tak menyadari waktu begitu cepat berjalan. Sejam terasa semenit, sehari terasa sejam, atau bahkan seminggu terasa sehari. Bahkan lebih dari yang kita perkirakan selama ini.

Mari kita merenungi sejenak apa yang telah di sabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam sabdanya, yang berbunyi:

"Tidak akan datang hari kiamat hingga... zaman (waktu) berdekatan." (HR. Abu Dawud)

Hadist diatas mempunyai beberapa makna, diantaranya:

Pertama, sedikitnya kebaikan di dalam waktu, imam Ibnu Hajar Al-Asqalani Rahimahullah mengatakan, hal ini sudah didapatkan pada waktu atau zaman ini,kerana kita telah merasakan begitu cepatnya waktu berlalu yang dimana belum pernah ditemukan pada zaman-zaman sebelumnya.

Kedua, yang dimana manusia sudah tidak lagi saling amar ma'ruf nahi mungkar di tengah-tengah meraka, kerana keburukan sudah mendominasi diantara ummat pada saat ini. Yang dimana hukum islam tak lagi ditegakkan di tengah umat pada zaman ini. 

Ketiga, berdekatannya orang-orang pada zaman tersebut karena banyaknya sarana atau fasilitas perhubungan atau transportasi antara darat dan udara yang dimana waktu mendekatkan antara jarak yang dekat dan yang jauh.

Keempat, adalah singkatnya waktu, atau cepat secara kebenaran, hal itu terjadi di akhir zaman. Ibnu Abi Jarrah Rahimahullah mengatakan, "Kemungkinan yang dimaksud dengan cepatnya zaman ialah singkatnya waktu sesuai dengan yang apa yang telah disabdakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam dalam sebuah hadits:

"Tidak akan tiba hari kiamat hingga terjadi satu bulan bagaikan satu bulan." 

Maka terkadang singkatnya waktu bisa berupa sesuatu yang bisa dirasakan oleh indra manusia atau bisa secara maknawi.

Adapun secara maknawi, bisa dirasakan oleh orang yang mempunyai kecerdasan dalam bidang ilmu dunia. Misalnya meraka mendapati tidak mampu lagi melakukan sebuah pekerjaan sama persis dari sebelumnya, meraka mengeluh atas hal itu. Mungkin itu terjadi karena lemahnya iman dalam diri mereka.

Dan nyatanya kerberkahan dalam waktu, reski, atau bahkan tumbuhan hanya dapat dilihat dengan kekuatan iman, mengikuti perintah-Nya dan manjauhi segala larangan-Nya.

Sebagaimana Allah Ta'ala berfirman:
"jika penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada meraka berkah dari langit dan bumi." (Al-A'raf: 96)

Wallahu A'lam.