Hot!

Israel Ketakutan: Intifadhah Menjadi Ancaman Eksistensi Israel


Sameeh.net - Sejumlah pakar setrategi menegaskan, perkembangan terbaru di Palestina menunjukan adanya ancaman terbesar bagi eksistensi Zionis di kawasan. Mereka mengkhawatirkan kondisi ini akan mengarah pada kerusuhan di dunia Arab dan membahayakan banyak pihak.

Dalam kajian politik yang diadakan pusat kajian timur tengah di ibu kota Jordania, Aman dengan tema “Kondisi setrategi Israel ditengah perubahan politik di kawanan Timteng” terungkap, walau kesempatan terbuka bagi Israel terkait dengan konflik dalam negeri di kawasan, namun Israel Israel masih galau, ia tak mampu menggunakan kesempatan ini.

Kemunduran situasi internasional terutama kaitanya dengan hubunganya dengan Uni Eropa, ternyata mereka terpecah sikapnya, apalagi setelah pecah intifadhah Al-Quds dan terus meluas hingga wilayah jajahan 48.

Tiga Tahap Reaksi Israel

Muhind Mustafa, professor ilmu politik universitas Haifa mengisyaratkan, ada tiga tahap reaksi Israel dalam menghadapi kasus di kawasan Arab. Pertama kekagetan mereka atas berbagai kasus revolusi Aran yang bersamaan dengan stagnasi menyusul revolusi Mesir, dimana selama ini Israel senantiasan memegang perjanjian dengan Mesir. Tahap kedua, Israel mulai menyesuaikan dengan berbagai perubahan di kawasan dan mulai memproyeksikan kebijakanya dalam mempertahankan keamanan dalam negeri serta meningkatkan kemampuan militer dan intelijenya untuk berkoalisi dengan sejumlah pihak di negara-negara Arab, seperti Ethiopia, Sudan Selatan, Yunani dan Ciprush. (asy/Infopalestina.com)