Hot!

Guru Jangan Hanya Fokus Ke UKG


Sameeh.net - Perhatian sekira 2,9 juta guru di seluruh Indonesia saat ini terpusat pada uji kompetensi guru (UKG). Namun, ada hal lain yang harus diperhatikan.

"Jangan hanya fokus pada UKG, namun berkonsentrasi pada peningkatan kompetensi," ujar Mendikbud Anies Baswedan di Kemdikbud, Jakarta, Senin (9/11/2015).

Anies mengimbuhkan, UKG bertujuan mendorong guru untuk terus mengembangkan kompetensi. Dia berharap, para guru I Indonesia memiliki keyakinan pada diri sendiri.

"Saya ingin mereka bisa mengatakan, 'Saya adalah guru yang baik dan berkompeten. Dan ini buktinya,'" ujar Anies.

Upaya pengembangan kompetensi guru, kata Anies, tidak hanya menjadi tanggung jawab Kemdikbud. Banyak pihak bisa terlibat dalam upaya tersebut sehingga para guru bisa mencari tempat belajar untuk mengembangkan kompetensinya.

"Kami siap bila harus menggelar UKG setiap tahun. Tetapi, sebenarnya kita tidak perlu terburu-buru untuk mewujudkannya," tutur mantan rektor Universitas Paramadina itu.

UKG digelar 9-27 November. Setiap guru harus mengujikan 60 soal atau 120 soal, tergantung mata pelajaran dan program keahlian yang harus diselesaikan guru. Semua harus dikerjakan dalam waktu 120 menit. Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan substansi bidang studi berdasarkan latar belakang pendidikan, sertifikat pendidik, dan jenjang pendidikan tempat guru bertugas.

"Nantinya, hasil UKG akan menjadi dasar penentuan program pendidikan dan pelatihan (diklat) yang akan diberikan kepada para guru," pungkas Anies. (Okezone.com)