Hot!

Dahsyatnya Shalat Subuh


Oleh: Muhammad Husni Haikal

Sameeh.net - Kenapa harus dahsyat? Adakah hal yang spesial di waktu ini? Mari sejenak kita simak penjelasan motivator kita Solikhin Abu Izzudin dalam bukunya "Zero to Hero"

Rasulullah Saw bersabda, "Berpagi-pagilah mencari rezeki, karena berpagi-pagi itu membawa berkah dan menghasilkan kemenangan."

Lukman Hakim berpesan, "Jangan sampai ayam jantan lebih cerdas darimu. Ia berkokok sebelum fajar, sementara kamu masih mendengkur tidur hingga matahari terbit."

Jarang yang memperhatikan kedahsyatan Subuh untuk sarana pembelajaran. Rasulullah selalu mengajak umatnya untuk bangun sebelum Subuh, melaksanakan shalat sunnat dan shalat Subuh berjamaah tentu bukan tanpa alasan.

Di balik beningnya suasa pagi ada banyak hikmah mendalam yang menanti. Diantaranya berlimpahnya pahala dari Allah, kesegaran udara Subuh untuk kesehatan fisik, konsentrasi pikiran dan daya ingat yang kuat untuk menyambut datangnya hikmah dan ilmu-ilmu Allah.

Konsentrasi dan kemampuan memahami waktu Subuh yang tenang adalah momentum yang tak pernah dilupakan para ulama untuk menggali ilmu, mendalami, menyerap hikmah dari berbagai peristiwa sehingga mereka dapat menghadirkan ilmu untuk diwariskan kepada uamt hingga hari kiamat. (Haikal/Sameeh.net)