Hot!

Bolehkan Memberi Hadiah Kepada Non Muslim?


Sameeh.net - Allah berfirman, "Allah tidak melarang kalian berbuat baik dan berlaku adil kepada orang-orang yang tidak memerangi kalian karena agama dan tidak (pula) mengusir kalian dari kampung kalian. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kalian menjadikan sebagai kawan kalian orang-orang yang memerangi kalian karena agama dan mengusir kalian dari kampung kalian dan memabantu (orang lain) untuk mengusir kalian. Barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." (QS. Al-Mumtahanah: 8-9)

Dari Asma' binti Abu Bakar, ia berkata, "Ibuku mendatangiku dan dia adalah seorang wanita musyrik di masa Rasulullah Saw. Lalu aku meminta pendapat Rasulullah Saw. Aku berkata bahwa ibuku datang dan dia bersikap baik. Apakah aku bersikap baik kepadanya? Rasulullah Saw bersabda, "Ya, bersikap baiklah terhadap ibumu."

Umar memberikan hadiah pakaian kepada saudaranya yang musyrik di Mekkah, sebelum saudaranya masuk Islam. (HR. Bukhari).

Tapi, jika dengan diberi hadiah orang kafir menjadi kuat dan akan menindas kaum muslimin, maka jangan memberi hadiah, karena itu akan memabahayakan. (Haikal/Sameeh.net)