Hot!

Ini Dia 5 Cara Sukses Bergaul Dengan Masyarakat


Sameeh.net – Salah satu faktor kesuksesan yang terpenting dalam bergaul dengan masyarakat adalah mendasari setiap perbuatan dan sikap terhadap mereka dengan tujuan menggapai ridha Allah dan pahala-Nya. Jika Anda memberi, maka berilah hanya karena Allah, dan jika Anda melarang, maka laranglah karena Allah. Jika Anda mencintai, maka cintailah karena hanya karena Allah, dan jika Anda membenci, maka bencilah karena Allah. Dan seterusnya.

Untuk itu terdapat dalil-dalil Al-Quran dan hadist-hadist Rasulullah yang berbicara tentang itu semua. Apalagi itu merupakan aturan yang sudah sangat diketahui secara pasti di kalangan kaum muslimin. Nah, begitu pula keadaan tatkala bergaul dengan masyarakat. Di sini ada 5 hal yang akan membuat Anda sukses bergaul dengan mereka.

1. Rajinlah Bersedekah
Firman Allah, “Mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. Sesungguhnya kami memberikan makanan kepada kalian hanya mengharap keridhaan Allah. Kami tidak menghendaki balasan dari kalian dan tidak pula ucapan terima kasih.” QS. Al-Insan: 8-9).

Allah berfirman, “Orang yang mendermakan hartanya (di jalan Allah) untuk membersihkannya. Padahal tidak ada seorang pun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya. Tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridhaan Rabbnya Yang Mahatinggi dan kelak ia benar-benar mendapat kepuasan.” (QS. Al-Lail: 18-21).

2. Juru Damai Masyarakat
Jangan mendamaikan masyarakat karena ingin mendapat julukan sebagai juru damai. Lakukanlah untuk menggapai keridhaan Allah. Hendaknya Anda berbicara kebaikan untuk menggapai ridha Allah. Hendaknya Anda menyuruh bersedekah dan berbuat baik untuk menggapai ridha Allah. Hendaknya Anda mengadakan perdamaian di antara masyarakat untuk menggapai ridha Allah. Semua itu agar Anda memperoleh anugerah pahala yang besar.

3. Sabar Dalam Bermasyarakat
Jika Anda bersabar, jangan ingin disebut sebagai penyabar. Jangan bersabar demi kesehatan Anda. Jangan bersabar karena terpaksa. Bersabarlah karena ingin menggapai ridha Allah dan menuai pahala-Nya.

4. Bersaksilah Karena Allah
Jangan bersaksi karena hanya ingin disebut sebagai orang yang berkata benar. Jadikanlah persaksian dan ucapan Anda karena Allah, dengan mengharap pahala dan ridha-Nya.
Allah berfirman, “Hendaklah kalian tegakkan persaksian karena Allah.” (QS. Ath-Thalaq: 2).

5. Beriman dan Berbuat Baik
Inilah yang akan melahirkan cinta Allah kepada Anda yang kemudian akan membuat Anda diterima oleh orang lain. Buktinya adalah firman Allah, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berbuat baik, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka kasih sayang.” (QS. Maryam: 96) yaitu rasa cinta di dalam hati manusia, menurut pendapat kebanyakan ahli tafsir.

Perbaikilah hubungan Anda dengan Allah, niscaya Allah akan memperbaiki hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. Berhati-hatilah terhadap dosa-dosa yang akan menguasai Anda dan akan menyebabkan Anda gagal dalam bergaul dengan orang lain. Allah berfirman, “Setiap musibah yang menimpa kalian adalah akibat dari perbuatan kalian sendiri. Dan Allah memaafkan banyak hal.” (QS. Asy-Syu’ara: 30). (Haikal/Sameeh.net).