Hot!

4 Ciri Pribadi Yang Unggul


Sameeh.net – Pernah mendengar sebuah mutiara salaf yang begitu menginspirasi? Lihat bagaimana Al Mutanabbi mengatakan di dalam Syairnya. “Jika kau ingin bermandikan kemuliaan, jangan puas dengan apa yang ada di bawah bintang. Sebab rasa kematian untuk urusan kecil seperti rasa kematian untuk perkara besar.”

Karena itulah, jadikan dirimu pribadi yang unggul. Ciri-ciri pribadi unggul adalah pribadi yang memiliki empat hal berikut:

1. Orang yang memiliki cita-cita yang menggelora.
Kesuksesan tidak semata-mata diukur pada hasil tapi juga pada proses. Proses merencanakan dengan tujuan yang benar dan mulia. Proses mengorganisasikan dengan rapi dan sistematis. Proses melaksanakan dengan ikhlas, tekun, teliti dan profesional. Dan proses evaluasi dengan jujur dan semagat perbaikan tak kenal henti. Dan cita-cita adalah separuh dari kesuksesan. Karena orang yang bercita-cita mulia tak mudah goyah untuk menggadaikan di tengah jalan. Menukar dengan yang hina dan rendah.

Demikian juga prinsip orang beriman. Allah tujuannya. Rasulullah teladannya. Al Quran pedoman hidupnya. Jihad jalan hidupnya. Mati syahid di jalan Allah adalah cita-cita tertinggi. Usahanya untuk akhirat sehingga dunia pun mengikutinya.

2. Mereka yang memiliki jiwa yang membara.
Cita-cita tinggi adalah ekspresi pemikiran positif. Pikiran positif itu penting karena akan melahirkan sikap dan tindakan yang positif. Sikap positif “Saya bisa” akan melahirkan kekuatan, jiwa yang kuat, ketrampilan dan energi untuk melaksankan.

3. Mereka yang selalu berusaha dengan giat.
Tak ada kata lelah dalam kamus mereka. Mereka tak akan berhenti jika apa yang dicita-citakan belum tercapai. Walaupun kegagalan selalu menghantui mereka. Mereka yakin bahwa di balik kesusahan di situ ada kemudahan.

4. Mereka yang memiliki kesiapan yang terus-menerus.
Mari, persiapkan cita-citamu sejak sekarang, karena orang cerdas, yang punya cita-cita jelas adalah orang yang selalu mengoreksi dirinya dan beramal untuk bekal sesudah mati. Sedangkan orang yang bodoh adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya dan hanya berangan-angan kosong.
Itulah sedikit ulasan yang dijelaskan oleh Kang Solikhin Abu Izuddin di dalam bukunya Zero to Hero. Semoga dengannya bisa menambah motivasi kita untuk selalu menjadi pribadi yang unggul. (Haikal/Sameeh.net).