Hot!

Taman Nasional Gunung Merbabu Terbakar


Sameeh.net - Gunung Merbabu di kawasan Magelang terjadi kebakaran semalam. Dikutip dari www.kompas.com. Kebakaran semak belukar terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) tepatnya di Dusun Denokan dan Bentrokan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Rabu (19/8/2015) malam. 

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Namun, berdasarkan informasi yang terhimpun, pada pukul 20.00 WIB, asap api terlihat oleh warga Desa Wonolelo yang berjarak sekitar 11 kilometer dari lokasi kebakaran. 

"Api sempat padam beberapa saat tapi justru semakin besar sekitar jam 23.00 WIB," ujar Sudaryanto, perangkat Desa Wonolelo.

San Andre, Kepala Seksi Wilayah I TNGMb mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan luas lahan yang terbakar. Setidaknya 40 personel sudah dikirim ke lokasi kebakaran untuk melakukan upaya pemadaman sejak Kamis (20/8/2015) pagi. 

Namun, lokasi kebakaran yang berada di ketinggian 1.700- 2000 meter dari permukaan laut menyebabkan api lebih sulit dipadamkan. "Sampai sekarang, petugas dibantu warga masih melakukan pemadaman dengan cara manual," papar Andre, saat dihubungi Kamis siang.

"Upaya pemadaman memang sulit, karena medan yang curam dan tinggi. Apalagi kondisi cuaca di sekitar lokasi kebakaran sedang berkabut, sehingga tidak terlihat," kata dia.

Jenis vegetasi yang terbakar, kata Andre, sebagian besar adalah pohon perdu dan semak-semak ilalang.

Sumber: www.kompas.com