Hot!

5 Cara Mendidik Anak Agar Shalat Lima Waktu



Sameeh.net - Shalat merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan atas setiap orang Muslim dan Muslimah yang sudah baligh. Namun, membiasakan diri untuk melaksanakan shalat itu perlu pembelajaran sejak dini. Baiklah, kali ini kita akan membahas tentang 5 cara mendidik anak agar shalat lima waktu.

Dikutip dari Viva.co.id. Sebagai seorang Muslim sekaligus orang tua yang baik, tentu kita harus mengajarkan anak tentang pentingnya shalat 5 waktu. Namun, tak sedikit orang tua yang kebingungan ketika mengajarkan tentang shalat 5 waktu kepada anaknya. Dalam Al-Quran sendiri perintah untuk shalat, banyak sekali dijelaskan. Hal inilah yang menjadikan alasan, betapa pentingnya mengajarkan shalat untuk anak-anak Anda. Tetapi, Anda tak perlu khawatir ada 5 tips dan cara mendidik anak untuk mengerjakan shalat 5 waktu berikut ini:


1. Mulai Dari Meniru Orang Tua
Saat anak masih berusia sangat dini, maka anak-anak sepenuhnya akan memperhatikan berbagai perilaku yang dilakukan oleh orang tuanya. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan kemampuan anak di usia tersebut, yakni meniru dan mengamati. Untuk itulah, saat anak Anda mulai meniru segala macam perilaku Anda harus memperlihatkan pentingnya shalat 5 waktu. Misalnya saja dengan berjamaah ataupun memperlihatkan aktivitas shalat Anda pada anak.

2.  Mulai Mengajaknya Untuk Melakukan Shalat
Lalu, sejak kapan kita harus mengajak shalat 5 waktu pada anak? Berdasarkan hadis dari HR Ath Thabari sendiri, kita berkewajiban untuk mengajak anak shalat sejak ia sudah bisa membedakan antara kanan dan juga kiri. Karena pada saat itulah, otak anak sudah berkembang dengan baik. Nah, pada usia ini juga anak sudah mengerti dimana ibadah merupakan sarana mendekatkan diri pada Allah SWT.

3.  Mengajarkan Shalat Pada Anak Sejak Usia 7 Tahun
Berdasarkan hadis dari HR Abu Dawud dan Al Hakim sendiri, memerintahkan anak untuk mengerjakan shalat ketika ia telah berusia 7 tahun. Dimana menurut Muhammad Nur Abdul Hafizg Suwaid sendiri usia anak 7 tahun sebenarnya usia dimana mereka harus memulai pelajaran untuk shalat 5 waktu.

4.  Hukum Anak Anda Apabila Melalaikan Shalat Sejak Umur 10 Tahun
Usia 10 Tahun, merupakan usia dimana anak sebelum mulai balig. Namun berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Al Hakim dan Abu Dawud sendiri, menyatakan bahwa orang tua harus memerintahkan anaknya untuk melaksanakan shalat 5 waktu di usia 7 tahun, bila di usia 10 tahun anak lalai mengerjakan shalat maka orang tua wajib menghukumnya.

5.  Melatih Shalat Jumat Untuk Anak Laki-Laki
Jika Anda memiliki anak laki-laki yang sudah berusia 7 tahun, maka bisa membiasakan mereka untuk shalat Jum’at dengan cara mengajaknya setiap kali Anda pergi untuk shalat Jum’at.
Nah, itulah beberapa cara mendidik anak Anda untuk shalat 5 waktu dengan tepat. Semoga bermanfaat!