Hot!

11 Gaya Modis Yang Justru Merusak Kesehatan


Sameeh.net - Maraknya pakaian dan busana yang jauh dari tuntun Islam telah menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat saat ini. Perhatian terhadap penampilan telah membutakan mata hati, hingga kesehatan pun dikorbankan demi tampil keren dan mengharap pujian dari manusia.

Berikut 11 Gaya Modis Yang Justru Merusak Kesehatan. Dikutip dari Viva.co.id yang ditulis oleh Fitra Rahim. Seiring dengan berkembangnya zaman, tak dipungkiri lagi telah banyak tren-tren terkini yang mulai menjamur di berbagai kalangan masyarakat. Mulai itu dari tren gadget, tren rambut atau bahkan tren fashion sekalipun.

Namun, bagi Anda yang memang gemar mengikuti perkembangan zaman tersebut, ada baiknya mulailah lebih waspada terhadap berbagai tren yang muncul terutama pada tren fashion yang memang sedang ramai dibicarakan oleh banyak orang terutama kaum hawa.

Bukannya tanpa alasan, mengingat ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa beberapa gaya fashion yang bikin keren yang ternyata justru membahayakan kesehatan tubuh. Tak hanya fashion saja, tapi hal-hal keren berikut ini juga ternyata berbahaya bagi kesehatan. Untuk lebih lengkapnya simak beberapa ulasan berikut ini :

1. Skinny Jeans


Suka pakai celana skinny Jeans ? jika ia, sebaiknya mulailah waspada, karena jika sering menggunakan skinny Jeans ditambah lagi ketat, hal ini akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang awalnya dari dimulai gejala meralgia paresthetica atau sering dikenal dengan sindrom kesemutan yang dikhawatirkan nantinya akan mengarah pada masalah saraf.

2. High Heel


High heels atau sepatu berhak tinggi memang kerap kali digunakan oleh kaum hawa, apalagi yang tinggal di kota. Sepatu dengan model hak tinggi ini umumnya digunakan dengan tujuan supaya terlihat tinggi dan lebih menarik tentunya. Namun siapa sangka jika berlebihan dalam menggunakan High Heels ternyata bisa membuat masalah kesehatan pada pergelangan kaki.

Menurut ulasan di tahun 2014 menyatakan, bahwa sepatu dengan tumit tinggi (hak tinggi) dapat mengubah posisi alami kaki dan bahkan pergelangan kaki. Hal ini jangan dianggap sepele dulu, karena nantinya juga akan memengaruhi tulang belakang.

Selain itu, penggunaan high heels juga kabarnya juga akan malah memperpendek pengguna karena high heels dapat menyebabkan otot Achilles tendonitis atau otot tendon dari betis sampai tumit, menjadi terganggu yang akhirnya malah membuat penggunanya akan menjadi pendek.

3. Korset


Korset biasanya dikenakan oleh kaum wanita dengan tujuan agar tubuh kelihatan ramping dan langsing. Namun, terkadang dari beberapa wanita kerap memaksakan diri serta berlebihan dalam menggunakan korset. Hal itu tentu membuat tubuh akan terasa menyakitkan. Dan bukannya tak mungkin dari mereka yang menggunakan korset akan mengalami kesulitan bernafas karena korset ketat yang memampatkan paru-paru. Jika sudah begini, akibat lain seperti mual, pusing karena kekurangan oksigen pun akan menghampirinya.

Di samping itu menurut sejumlah ahli, pemakaian korset ini apabila terlalu sering  juga dapat menyebabkan rusaknya tulang rusuk pada pengguna pada beberapa waktu ke depan.

4. Dasi


Dasi mungkin akan terlihat sepele, namun sebenarnya ini benar-benar membahayakan kesehatan tubuh. Menurut peneliti, dalam penggunaan dasi yang terlalu mengikat pada bagian leher ternyata dapat menimbulkan tekanan darah pada daerah mata. Bila hal ini terjadi dikhawatirkan meningkatnya tekanan darah itu pada ke tingkat serius. Untuk menghindari terjadinya hal ini Anda bisa melonggarkan dasi dalam penggunaannya.

5. Tindakan Tak Lazim Pada Tubuh

Banyak kaum hawa melakukan tindik di tubuh khususnya pada bagian telinga. Namun, terkadang ada pula sebagian orang yang hobi menindik tubuhnya pada bagian tertentu misalnya saja pada alis, lidah, hidung, pusar, atau sampai alat kelamin sekalipun.

Jika tindik berlebihan seperti ini dilakukan, pastinya akan mengganggu kesehatan kulit seperti luka atau robek pada permukaan luar kulit, infeksi, sampai akhirnya malah merusaknya saraf penting yang tersusun pada sekitar kulit.

Menurut laporan dari sebuah studi di tahun 2012 oleh Northwestern University, menyatakan kalau dua puluh persen infeksi bakteri diakibatkan oleh tindikan yang bermula dari tindik tubuh. Selain itu, dampak lain akibat dari tindikan ini misalnya saja adalah penyakit alergi. Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa penyebab infeksi bakteri juga dipicu dari tak bersihnya peralatan tindik.

6. Stoking


Stoking merupakan jenis fashion yang bentuknya seperti kaus kaki, stoking biasanya digunakan oleh kaum wanita untuk menghangatkan tubuh terutama pada bagian bawah sampai paha ketika musim dingin tiba. Stoking memang akan membuat kaki lebih bersih serta mulus. Namun sayang, karena manfaatnya ini terkadang banyak dari para wanita yang justru malah menggunakan stoking dengan berlebihan yang dikhawatirkan nantinya akan berdampak pada infeksi ragi pada vagina yang akhirnya malah mengganggu alat reproduksi kaum wanita.

7. Tas


Sama halnya seperti dasi, tas juga terlihat sepele jika dibilang membahayakan kesehatan. Namun, jangan anggap enteng & salah pikir dulu, sebenarnya yang membuat tas berbahaya adalah isinya yang terlalu berat. Biasanya hal ini dilakukan oleh anak Sekolah Dasar karena tak tahu atau malas melihat loster pelajaran sehingga semua buku pelajaran selalu dibawa setiap hari ke sekolah, apa Anda pernah ?

Di samping itu, anak kuliah juga cenderung berlebihan dalam membawa barang di tasnya, biasanya hal ini dipicu karena memang banyaknya mata pelajaran dan beratnya laptop yang dibawa.
Jika sudah terlalu berlebihan dalam membawa isi dalam tas, maka akibatnya akan berbahaya bagi bahu yang akhirnya akan menyebabkan peradangan, pegal-pegal, sulitnya tulang untuk berkembang terutama pada anak sekolah dasar, masalah pada persendian, dan bahkan sampai berakibat pada masalah tulang punggung.

8. Menggunakan Sandal Jepit Berlebihan


Mungkin banyak orang yang tak sangka kalau Sandal Jepit dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh? Mungkin juga banyak dari kita yang tak setuju akan bahaya dari sandal jepit ini, mau tak mau faktanya ketika berlebihan dalam menggunakan sandal jepit, ternyata dapat mengakibatkan gangguan yang disebut sebagai Plantar Fasciitis. Gangguan kesehatan ini terjadi saat kaki terasa nyeri di tumit atau di telapak kaki.

9. Perhiasan (Kalung)


Perhiasan sering kali digunakan sebagai penghias atau sekedar untuk melengkapi penampilan wanita. Perhiasan yang sering digunakan oleh kalangan wanita ada banyak macamnya termasuk itu adalah Kalung.

Dalam memakai kalung sebaiknya hindarilah memakai kalung dalam jumlah terlalu banyak, hal ini selain bertujuan untuk menghindari aktivitas perampokan akan tetapi juga dapat menghindari diri dari risiko ketegangan di leher.

Namun, bagi Anda seorang wanita muslim beriman sebaiknya hindarilah pemakaian perhiasan yang seperti ini, karena Allah menegaskan dalam firmannya yakni di dalam Qs. Al Ahzab :

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyyah yang dahulu” (QS. Al Ahzab: 33).

Maqotil bin Hayan mengatakan bahwa maksud berhias diri di sini ialah seseorang memakai khimar (kerudung) di kepalanya namun tidak menutupinya dengan sempurna. Dari sini terlihatlah kalung, anting dan lehernya. Inilah yang disebut tabarruj (berhias diri) ala jahiliyyah. Untuk lebih lengkapnya silakan baca kitab Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim karya Ibnu Katsir, 6: 183 (terbitan Dar Ibnul Jauzi).

10. Tato


Mendengar istilah Tato mungkin agak sedikit menyeramkan, bagaimana tidak ? Hingga saat ini tato memang sangat identik dengan preman-preman yang sangar. Namun, perlu juga anda tahu bahwa selain preman ternyata ada pula sebagian orang yang hobi membuat tato pada bagian tertentu di tubuhnya. Tindakan membuat tato pada tubuh sebenarnya bukanlah hal baik karena hal ini sendiri akan berisiko pada dampak buruk seperti infeksi pada kulit, keloid, alergi dan bahkan sampai di jauhi orang.

11. Pakaian Dalam Terlalu Ketat

Dalam membeli pakaian dalam sebaiknya pilihlah yang ukurannya tak terlalu ketat karena pastinya jika terlalu ketat malah akan merusak kenyamanan Anda saat beraktivitas. Selain itu, menggunakan pakaian dalam terlalu ketat dikhawatirkan pada masalah pada alat reproduksi baik itu pria maupun wanita. Bagi pria dampaknya akan membuat sedikitnya atau turunnya jumlah sperma. Sementara bagi wanitanya, dikhawatirkan nantinya akan timbul infeksi pada kandung kemih.

Seperti itulah beberapa gaya keren yang justru membahayakan tubuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita yang memang gemar mengikuti Tren, agar selalu dapat berpenampilan dengan aman serta terhindar dari berbagai macam masalah pada kesehatan tubuh.