Hot!

Tips 'Bugar dan Sehat' Selama Puasa


Oleh: Muhammad Husni Haikal

Sameeh.net - Disaat puasa mungkin kebanyakan orang lebih memilih istirahat daripada beraktifitas. Karena anggapan yang berkembang bahwa beraktifitas di bulan Ramadhan itu akan menguras tenaga dan pikiran. 

Tapi, jangan salah dulu. Jika kita melakukan aktifitas tersebut dengan cara dan metode yang tepat, niscaya rasa lelah dan capek tak terasa. Terlebih jika aktifitas yang kita lakukan adalah untuk ibadah. Masya Allah. Di bawah ini ada beberapa tips bagi kita agar tubuh tetap bugar dan sehat selama berpuasa.

Pilih Menu Sahur dan Berbuka Yang Sehat

Selain karena memang disunahkan, bersantap sahur sangatlah penting sebagai cadangan energi selama berpuasa. Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas. 

Selama puasa, zat besi dalam tubuh akan menurun karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi jus tanpa gula. 

Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau roti gandum ketimbang roti putih, karena akan membuat gula darah stabil seharian, juga bijaklah mengonsumsi makanan yang manis dari gula pasir. Makanan yang manis akan membuat Anda cepat lapar.

Untuk lauknya Anda bisa menambahkan lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan. Agar tidak bosan, Anda bisa berimprovisasi dengan menu sahur untuk menggugah selera. Misalnya roti gandum dengan telur rebus dan daging asap, pasta dengan keju, brokoli rebus, dan ikan tuna. Coba juga kentang panggang dengan brokoli, keju, dan daging asap, serta sup hangat. 

Hindari menggoreng menu sahur. Sempurnakan sarapan sahur  dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium yang bisa Anda temukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon. 

Istirahat Yang Cukup

Bulan ramadhan menjelang musim Kemarau di bulan ini diprediksi akan menguras habis tenaga. Olahraga teratur dan istirahat yang cukup di malam hari perlu ditegaskan kembali pengaturan waktunya. Jangan sampai mengorbankan waktu istirahat hanya untuk hal-hal yang tidak berguna. Atur waktu olahraga sebaik mungkin, jangan sampai berdampak pada dehidrasi jika olahraga dilakukan sebelum berbuka puasa.

Tetap Menjada Kesehatan Dengan Olahraga

Kita pasti enggan berolahraga di siang hari, dan kita tidak salah. Berolahraga di siang hari saat berpuasa sangat berbahaya, karena otomatis kita tidak bisa mengonsumsi cukup protein setelah berolahraga. Tanpa asupan protein yang cukup, justru penguraian otot yang yang akan terjadi. Tak hanya itu, olahraga di siang hari dapat menyebabkan dehidrasi, dan tentunya kita tidak bisa merehidrasi tubuh kita tanpa membatalkan puasa kita.

Waktu terbaik untuk berolahraga – baik olahraga kardio maupun latihan beban—adalah kira-kira satu jam sebelum waktu berbuka puasa. Bagi kita yang ingin mengurangi lemak tubuh, kardio di waktu ini sangat dianjurkan, karena tubuh kita sudah teradaptasi lebih baik dalam membakar lemak. Begitu pun kita yang nge-gym, karena kita bisa segera memulihkan tubuh dengan konsumsi protein dan karbohidrat yang cukup. Tak hanya itu, waktu-waktu sebelum buka puasa adalah waktu yang paling optimal untuk membentuk otot karena kadar testosterone dalam tubuh kita paling tinggi di waktu tersebut.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa kami rangkum. Semoga bisa bermanfaat buat kita semua. Selamat berpuasa dan tetap fit!! 

(Haekal/Sameeh.net)