Hot!

Jadilah Orang Yang Memiliki Kelebihan


Oleh: Muhammad Husni Haikal

Sameeh.net – Mungkin banyak dari kita belum menyadari apa kelebihan yang ada dalam diri kita, atau mungkin saja kita tidak mempunyai keinginan untuk memilki kelebihan tersebut. Namun, kelebihan yang dimaksud di sini adalah kelebihan dalam menarik simpati orang. Karena sebagian orang beranggapan bahwa untuk menguasi satu hal itu sangat sulit dan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Benarkah demikian? Mari kita simak sedikit motivasi yang kami rangkum dari buku Enjoi Your Life karangan Dr. Muhammad Ariefi.

Ada dua orang yang berdebat dalam suatu majelis dan kemudian berakhir dengan dendam permusuhan. Namun, ada dua orang lain yang juga berdebat, tapi perdebatan mereka ini berakhir dengan kasih sayang dan keridhaan. Nah, apakah yang menyebabkan perbedaan ini?
Tak lain adalah yang sering disebut-sebut dengan keterampilan atau kecakapan berdebat. 

Di tempat lain, ada seorang guru yang ketika datang ke sekolahnya, murid-murid yang melihatnya langsung berebut menyelaminya, ada pula yang bergegas menghampirinya untuk meminta suatu nasehat, atau mengadukan permasalahan yang dihadapinya. 

Sementara itu, ada guru lain (bahkan mungkin sekian banyak guru) yang datang ke sekolahannya tidak ada satu pun muridnya yang bergegas untuk menyalaminya; kemana-mana ia berjalan sendirian dan tak seorang murid pun mencoba mendekatinya untuk berkonsultasi.

Mengapa terjadi perbedaan di antara keduanya, dan apakah yang membedakan keduanya, sementara keduanya adalah sama-sama guru?

Tak lain, yang membedakan keduannya adalah kecakapan dalam berhubungan dengan orang lain. Sesungguhnya hal itu disebabkan oleh suatu faktor yang sering disebut dengan kecakapan menarik simpati dan mempengaruhi orang lain.

Fenomena perbedaan seperti di atas sering kita saksikan di berbagai kesempatan; di masjid, di pesta pernikahan, dan pertemuan-pertemuan lainnya.

Kemampuan dan kecakapan manusia dalam berhubungan dengan orang lain itu berbeda-beda. Sehingga, cara orang lain bersikap atau berhubungan dengan mereka pun berbeda-beda. Namun, perlu diingat bahwasanya mempengaruhi orang lain dan mengambil hati mereka itu jauh lebih mudah dari apa yang Anda bayangkan!

Bahwasanya simpati kebanyakan orang itu bisa kita peroleh dengan mudah melalui berbagai macam cara dan kecakapan yang sangat mudah pula. Namun, dengan syarat kita harus meyakini cara dan kecakapan itu dan banyak berlatih sampai benar-benar menguasainya dengan baik. 

Bila kecakapan itu sudah kita kuasai dengan baik, niscaya tanpa kita sadari pun, orang-orang itu akan terpengaruh oleh cara kita berhubungan.

Ingatlah, bahwa segala bentuk kecakapan dan kemahiran yang kita terapkan hingga menjadi suatu kebiasaan itu, tanpa kita sadari akan menjadi ciri dari kepribadian kita dan akan diperhatikan oleh orang lain tatkala kita lupa melakukannya.

“Janganlah Anda mencari harta, tetapi kehilangan kawan. Karena mencari kawan adalah cara untuk mencari harta.”