Hot!

Ternyata Daun Bawang Ada Khasiatnya


Oleh: Diniyah Ayu Rahmawati

Sameeh.net - Daun bawang di beberapa daerah dikenal dengan nama loncang. Biasanya sering digunakan dalam berbagai masakan, terutama martabak.

Daun bawang juga dikenal dengan baunya yang khas dan memiliki rasa yang unik. Terlebih jika daunnya dicampur dengan mie ayam, rasanya pasti akan semakin nikmat. Asal tidak terlalu banyak saja, wah pasti bikin ketagihan!!

Selian itu, daun bawang juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah, mari kita simak apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan darinya.

1. Meningkatkan Sistem Imuns (Kekebalan Tubuh)
Ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari daun bawang itu sendiri. Karena mengandung senyawa belerang yang bertugas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Antibiotik
Daun bawang juga memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang melindungi tubuh kita dari infeksi. 

3. Anemia
Daun bawang juga sangat kaya akan zat besi. Orang dengan jumlah darah rendah atau anemia harus sering makan daun bawang untuk memenuhi asupan zat besi. Daun bawang mengandung protein ferroportin yang membawa zat besi yang disimpan dari dalam sel ke luar sel. Peningkatan zat besi dalam tubuh membantu meningkatkan jumlah darah kita.

4. Baik Untuk Jantung
Daun baik baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung Polisulfida yang melindungi jantung dari penyakit. Sayuran ini juga mengandung mangan mineral yang dapat mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

5. Melawan Infeksi Gastrointestinal
Selain memerangi flu dan batuk, daung bawang juga efektif dalam menyembuhkan infeksi gastrointestinal. Yaitu infeksi yang berkutat di saluran pencernaan yang merupakan gejala awal dari pendarahan. Contoh infeksi ini seperti diare, muntah, demam, kram perut dan masih banyak lagi. Resiko besar dari infeksi ini adalah dehidrasi akibat muntah dan diare.

Ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang terdapat dalam daun bawang, biasanya banyak orang yang tidak suka dengan baunya yang menyengat. Tapi faktanya mempunyai banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita. So, sertakan sayuran ini hijau ini dalam menu seharian kita. Semoga bermanfaat.