Hot!

Koalisi Teluk: Berkomplot dengan Syiah, Mantan Presiden Saleh Miliki Senjata Kimia


Sameeh.net - Juru bicara pasukan Koalisi Teluk menyatakan, tidak menutup kemungkinan bahwa mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh memiliki senjata kimia, lapor Saudi Press Agency.

Brigjen Ahmed Asiri mengatakan bahwa Saleh adalah orang yang tak terduga, dan memiliki perilaku apapun untuk mempertahankan posisinya.

Asiri membuat pernyataan dalam sesi briefing harian di Riyadh pada kampanye Koalisi Teluk di Yaman. Asiri juga mengatakan bahwa jika laporan itu terkonfirmasi, koalisi yang dipimpin Saudi itu akan segera membalas Ali Abdullah Saleh yang berkomplot dengan milisi Syiah Hautsi untuk melindungi orang-orang Yaman.

Dia menambahkan bahwa koalisi mengambil tindakan pencegahan maksimal dan mempertimbangkan semua kemungkinan.

Kekerasan telah meningkat tajam di Yaman menyusul kampanye udara Koalisi Teluk yang diluncurkan pada 26 Maret untuk menghentikan pemberontak Syiah Hautsi yang didukung Iran, sehingga memaksa Presiden Abdurabbu Mansour Hadi melarikan diri ke Arab Saudi.

PBB memberikan dukungannya kepada  Hadi sebagai pemimpin yang sah di Yaman dalam menghadapi pemberontakan Syiah Hautsi yang telah menjerumuskan negara miskin itu terperosok lebih dalam ke lembah kekacauan.

Pemberontak Syiah Hautsi dan milisi loyalis pemimpin terguling Saleh merebut kekuasaan di ibukota Sanaa pada bulan Februari dan bulan lalu melaju di kota pelabuhan Aden, basis utamakubu Hadi, sehingga memaksanya pergi ke pengasingan.

Sumber: Kiblat.net

Penulis: Fajar Shadiq