Hot!

Inner Beautynya Wanita Shalehah


Sameeh.net - Banyak sekali orang yang membicarakan "kecantikan dari dalam" alias inner beauty. Namun apa sih sebenarnya inner beauty itu? Sangat relatif kan? Itu karena kecantikan bermakna unik, mengacu pada individual dan pribadi masing-masing. Oleh karena itu, mari kita berpijak pada suatu standart untuk menilai indah atau tidaknya suatu hal dan perbuatan. Standart ini bermuara pada pandangan Sang Maha Pencipta. Dengan standart ini, maka seseorang Insya Allah akan lebih yakin dalam berbuat maupun menilai.

Saat kita hendak melakukan suatu hal, maka hendaklah kita bertanya pada diri sendiri, apa kira-kira Allah Ta'ala ridho dengan apa yang akan kita lakukan?

"Jikalau mereka sungguh-sungguh ridho dengan apa yang diberikan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka, dan berkata, : 'Cukuplah Allah bagi kami, Allah akan memberikan kepada kami sebagian dari karunia-Nya dan begitu juga Rasul-Nya, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah,' tentulah yang demikian itu lebih baik dari mereka." QS. At-Taubah : 59.

Tips Mencapai Inner Beauty 
1. Mampu meredam amarah dengan perkataan dan sikap yang selalu terkontrol. Dalam riwayat Abu Hurairah dikatakan, "Orang yang kuat bukanlah yang kuat dalam bergulat, namun mereka yang bisa mengendalikan dirinya ketika marah." (HR. Malik). Rasulullah SAW juga bersabda, "Sebaik-baik orang adalah yang tidak mudah marah dan cepat meridhoi, sedangkan seburuk-buruk orang adalah yang cepat marah dan lambat meridhoi." (HR. Bukhari).

2. Selalu berusaha tidak menyakiti orang lain. Rasulullah SAW bersabda, "Seorang muslim yang baik adalah muslim yang jika yang lainnya merasa aman dari gangguan lisan dan tangannya, dan orang yang benar-benar berhijrah itu adalah yang rela meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah." (HR. Bukhari). Bahkan keislaman yang paling baik hanya akan diraih oleh orang yang menjaga lisan dan tangannya untuk tidak mendzalimi kaum muslim. Abu Musa radhiyallahu 'anhu mengatakan ketika para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, keislaman seperti apa yang paling utama?", maka beliau menjawab, "Yaitu keislaman pada diri orang yang kaum muslimin yang lainnya selamat dari gangguan lisan dan tangannya." (HR. Bukhari)

3. Senantiasa berpikir positif. "Hindarilah oleh kamu sekalian bersu'udzan, karena su'udzan adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kamu sekalian saling memata-matai yang lain, janganlah saling mencari-cari aib yang lain, janganlah kamu saling bersaing (kemegahan dunia), janganlah kamu saling mendengki dan membenci serta bermusuhan, tetapi jadikanlah hamba-hamba Allah yang bersaudara." (HR. Bukhari-Muslim)

4. Mencintai diri sendiri dengan tulus. Ibnu Qudamah rahimahumullah menjelaskan, "Ketahuilah bahwa syukur dan tidak kufur tidak akan sempurna melainkan dengan mengetahui segala apa yang dicintai oleh Allah. Sebab makna syukur adalah mempergunakan segala karunia Allah SWT kepada apa yang dicintai-Nya, dan kufur nikmat adalah sebaliknya."

Ciri Tercapainya Inner Beauty 
Memiliki kepercayaan diri yang muncul karena keyakinan yang tinggi kepada Allah Ta'ala.
Senantiasa memiliki bekal ilmu pengetahuan yang luas dan selalu berusaha memperdalamnya.

Memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik dalam bertingkah laku sehari-hari.
Untuk menjalankannya memang tidaklah mudah, namun semua kembali pada niat yang ada pada diri kita sendiri. 

Sumber: www.aboutmuslimah.blogspot.com