Hot!

Sejarah Kemunculan Bid'ah dan Sebab Penyebarannya

Sameeh.net - Bid’ah pertama kali terjadi dalam Islam adalah setelah kewafatan Utsman bin Affan dan setelah perpecahan kaum muslimin. Katika Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah sepakat untuk melakukan tahkim. Hal itu diingkari oleh kelompok Khawarij dan mereka mengatakan, “Tidak ada hukum, kecuali hukum dari Allah.” Setelah itu mereka meninggalkan jamaah kaum muslimin. Kemudian, diutuslah Ibnu Abbas kepada mereka untuk bermusyawarah hingga setengah dari mereka kembali kepada jamaah, sedangkan separuh lainnya meneror manusia, menghalalkan darah mereka, membunuh Ibnu Khabab, dan mengatakan, “Kami semua akan membunuhnya.” Oleh karena itu, Ali memerangi mereka.

Sebab-sebab Menyebarnya Bid’ah

a.  Disebabkan banyaknya ulama yang jatuh ke dalam lembah bid’ah yang sesat. Sementara itu orang awam tatkala melihat orang alim melakukan sesuatu, mereka menganggap tindakan itu tidak bertentangan dengan syariat.

b. Adanya orang alim yang melakukan bid’ah, kemudian manusia bertaklid kepadanya karena mereka percaya bahwa dia tidak akan mengerjakan sesuatu, kecuali kebenaran. Padahal bisa jadi perubuatan tersebut bertentangan dengan syariat.

c. Disebabkan adanya penguasa yang menciptakan bid’ah, memperkuatnya, dan menyebarkannya karena adanya kesamaan bid’ah itu dengan keinginan mereka.

d. Barangsiapa membiasakan bid’ah, maka susah untuk dihilangkan, kecuali setelah melalui kesungguhan yang besar.

e. Dikarenakan kesusuaian bid’ah dengan hawa nafsu dan keinginan manusia yang susah diatur dan dibatasi ruang lingkupnya oleh agama.
Oleh: Muhammad Husni Haikal