Hot!

Yuk Kenali Sebab Kelelahan Berlebih


Sameeh.net - Anda mungkin memiliki banyak pekerjaan yang menuntut Anda untuk menghabiskan banyak waktu. Kegiatan yang padat dan menyita waktu itulah yang seringkali menjadi penyebab Anda merasa sangat lelah. Namun ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab mengapa Anda selalu merasa lelah. 

Seperti dikutip di www.vemale.com, beberapa alasan tersebut adalah

1. Anemia
Anemia terjadi ketika Anda tidak memiliki cukup zat besi di dalam tubuh sehingga sel darah merah tidak mampu mengikat oksigen yang banyak untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Penyebab umum Anda anemia biasanya karena menstruasi, penyakit autoimun, defisiensi zat besi, dan kekurangan vitamin B-12 dan asam folat atau kekurangan vitamin B lainnya. Dan gejala yang paling umum anemia adalah kelelahan pusing, sakit kepala, dan suhu tubuh rendah. 

2. Stress
Stress juga dapat memicu kelelahan karena pikiran Anda terus memikirkan hal yang membuat Anda cemas, gelisah dan tidak enak hati. Segala bentuk pikiran negatif tersebut dapat menarik aura negatif yang membuat tubuh lelah. Bahkan stres jangka pendek dan stres jangka panjang telah terbukti dapat menyebabkan masalah seperti kesulitan tidur, kekurangan energi, dan kurangnya konsentrasi. 

3. Depresi
Depresi diketahui ternyata dua kali lebih umum terjadi pada wanita daripada pria, dan cenderung bertahan lebih lama dan lebih serius. Banyak penyebab depresi, bisa karena kehamilan, atau periode postpartum. Dan gejala paling umum saat Anda depresi adalah kelelahan yang berlebih, sedih, dan sulit berkonsentrasi. Jika tidak segera ditangani, bukan hanya rasa lelah yang akan Anda alami, namun juga efek mental lainnya.

4. Penyakit Tiroid
Penyakit tiroid adalah penyakit yang menyerang kelenjar tiroid Anda. Ini adalah penyakit autoimun dari kelenjar tiroid yang disebut tiroiditis Hashimoto, dengan gejala umum seperti kelelahan pada wanita. 

Kelenjar tiroid akan memberi Anda energi yang cukup untuk melakukan aktivitas harian jika berfungsi normal, namun jika terganggu maka Anda akan mengalami kelelahan. Bahkan gejala lain juga akan mengikuti, seperti suhu tubuh yang rendah, kulit kering dan cepatnya peningkatan berat badan, atau sulit menurunkan berat badan.

Jadi, untuk mengetahui secara jelas apa penyakit yang Anda alami sebenarnya, coba konsultasi ke dokter ya Ladies agar bisa diatasi dengan baik.