Hot!

Peran Seorang Ibu Dalam Mendidikan Anak


Sameeh.net - Ibu adalah sosok manusia yang paling berperan dalam keluarga dalam pendidikan anak, baik dalam pembentukan dan pembinaan biologis anak maupun dalam aspek edukatif, mendidik dan membina karakter anak, sangat ditentukan oleh ibu
Rasulullah saw menasehati seorang pemuda yang bertanya kepada Beliau siapakah orang yang harus dia santuni dan hormati serta dipergauli dengan baik, Rasulullah menjawab ibumu.

جاء رجل إلى رسول الله صلى الله عليه و سلم فقال يا رسول الله من أحق الناس بحسن صحابتي ؟ قال ( أمك ) . قال ثم من ؟ قال ( ثم أمك ) . قال ثم من ؟ قال ( ثم أمك ) . قال ثم من ؟ قال ( ثم أبوك ) البخارى و مسلم

” Datang seorang lelaki kepada Rasulullah dan bertanya :” Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling berhak untuk aku prlakukan dengan baik? Jawab Rasul :” Ibu mu”. Siapa lagi wahai Rasul ? ” Ibumu”, trus siapa lagi ? ” Ibumu, siapa lagi? ” Ibumu”, siapa lagi ? ” Bapakmu”.(HR.Bukhari dan Muslim).

Anak merupakan karunia Allah yang tak ternilai karena anak bagi keluarga merupakan pelengkap kebahagiaan, dia menjadi hiasan dalam keluarga dan nanti setelah orang tua telah tiada maka doa anak yang shaleh akan menjadi pahala yang berkelanjutan bagi orang tua tersebut.

"Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Rabbmu serta lebih baik untuk menjadi harapan."(al-Kahfi: 46)

Anak yang menjadi perhiasan keluarga dan asset akhirat maka tanggung jawab orang tuanya untuk membentuk dan membinanya menjadi anak yang shaleh, di rumahlah sang buah hati memperoleh pendidikannya , disinilah peran seorang ibu menjadi sangat vital dan urgen dalam mendidik anak, apabila sang anak tidak memperoleh pendidikan yang baik, atau kurang mendapat bmbingan orang tuanya maka jangan diharap dia akan menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.

Sumber: http://iibs-ri.com/