Hot!

Minum Kopi Baik Untuk Kesehatan Gigi?


Sameeh.net - Manfaat meminum kopi bagi kesehatan gigi dan mulut saat ini masih diperdebatkan. Banyak penelitian menyatakan, meminum kopi hanya dapat membuat warna gigi Anda menjadi kusam atau kuning. Perubahan warna gigi itu karena kandungan kafein pada kopi yang menempel di lapisan luar gigi.

Akan tetapi, penelitian lain dari Universitas Boston menemukan bahwa minum kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan gigi. Menurut penelitian ini, minum kopi justru dapat membantu melindungi Anda dari penyakit periodontal seperti peradangan gusi dan tulang rahang.

Berdasarkan hasil survei terhadap 1.000 pria berusia hingga 30 tahun, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang minum satu cangkir kopi atau lebih setiap harinya, lebih sedikit mengalami gangguan pada gigi, seperti penyakit periodontal.

Periodontal merupakan jaringan yang menghubungkan antara gigi dan tulang penyangga gigi. Penyakit ini disebabkan adanya infeksi akibat bakteri yang menempel pada gigi. Penyakit ini menyebabkan gigi menjadi goyang atau tidak kuat. Kemudian berakibat pada copotnya gigi Anda.

Para peneliti menemukan bahwa meminum kopi bisa  menghentikan perkembangan bakteri-mengumpul di gigi. Mereka meyakini, kandungan antioksidan dalam kopi dapat mencegah penumpukan plak pada permukaan gigi.

"Kopi bisa mematikan proses inflamasi dalam tubuh yang biasanya akan berbahaya pada gusi dan tulang rahang gigi," kata penulis hasil studi, Raul Garcia.

Meminum kopi memang tetap akan membuat warna gigi Anda kusam. Namun, menurut Gracia, Anda tak perlu khawatir hanya karena hal itu. Menurut dia, kadar asam pada kopi lebih sedikit dibandingkan banyak minuman lain seperti jus buah, soda, dan minuman berenergi. Menurut hasil studi oleh British Journal of Nutrition, semua minuman yang mengandung asam itu dapat mengikis enamel yang melindungi gigi.

Sumber: www.kompas.com