Hot!

Keajaiban Sains Islam


Tidak dapat dipungkiri bahwa agama dan sains adalah dua hal yang semakin memainkan peranan penting dalam kehidupan manusia.Perkembangan sains di dunia modern tidak berarti menurunnya pengaruh agama dalam kehidupan manusia.Islam merupakan agama yang telah menjawab semua tentang ini dan itu semua terkandung di dalam kitab suci Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Sallahu Alaihi wa Sallam .

Sejak beberapa abad yang lalu,Al-Quran telah menjawab bagaimana asal-usul manusia ,bagaimana manusia diciptakan pertama kali.Bukan hanya itu saja,ternyata Al-Quran juga telah memberikan jawaban kepada manusia tujuan mereka diciptakan.Diantara sekian jenis makhluk ciptaan-Nya yang paling indah adalah manusia.Kemudian untuk apa manusia diciptakan ? Al-Quran sendirilah yang telah menjawabnya.Allah berfirman di dalam Al-Quran :

“ Tidakklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada-Ku” ( QS.Adz-Dzariyat : 56 ).

Jelas dalam firman Allah ,bahwa manusia diciptakan hanya untuk mengabdi kepada-Nya.Pengabdian manusia kepada Allah hanyalah semata-mata untuk menyatakan rasa syukur dan terima kasih kita yang sedalam-dalamnya.Semu ibadah yang kita lalukan pada akhirnya akan kembali kepada diri kita sendiri.Adapun di dunia kita hanya mendapat sedekar persekot saja.Orang yang tidak mempunyai tujuan hidup yang sebenarnya yaitu untuk kebahagian di akherat nanti ,tidak akan mendapatkan kepuasan hidup di dunia,betapapun kayanya.

Kita dapat bercermin dari cerita seorang bintang Hollywod Amerika Serikat,yang kekayaannya sudah melampaui batas,harga perhiasan yang melekat dibadannya saja mencapai 600 juta jika dirupiahkan,tetapi kehidupannya berakhir dengan mati menggantungkan diri.

Asal Mula Makhluk Hidup 
Sejak beberapa abad yang silam ,masalah yang sangat menarik perhatian adalah pertanyaan : “ Bagaimana mulainya kehidupan ini “.Banyak para ahli melakuka penelitian tentang masalah ini.Hingga mucullah seorang bangsa Yunani bernama Aristitoles yang hidup dari tahun 384-322 SM.Ia berpendapat : “ Makhluk hidup berasal dari benda mati yang timbul secara spontan karena adanya gaya hidup “.

Bilamana teori tentang terjadinya makhluk hidup dari benda mati itu kita terima ,maka boleh jadi besok lusa kita dituntut untuk menciptakan satu makhluk hidup ,sekalipun yang sangat sederhana.Pendapat inilah yang akhirnya terkenal dengan sebutan teori Generation Spontanea ( Kelahiran spontan ) ,yang dilontarkan pertama kali oleh Aristitoles.Keyakinan seperti ini juga diterima oleh banyak kalangan seperti Newton,Helmont , Dekart ,John Tarfel Nidham dan lain-lain.

Tetapi karena kecerdasan otak manusia semakin hari semakin tinggi ,lama-lama pendapat ini disanggah juga.Maka terjadilah pro dan kontra.Hingga akhirnya datang Al-Quran menjelaskan semua tentang kekeliruan yang ada.Allah berfirman :

“Yang membuat segala sesuatu yang Dia cipatakan dengan keadaan sebaik-baiknya.Yang memulai penciptaan manusia dari tanah “. ( QS. As-Sajadah : 7 ).

“ Dan ( ingatlah ) Ketika Rabbmu berfirman kepada para Malaikat : ‘ Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah kering ( yang berasal ) dari lumpur hitam yang diberi bentuk “. ( QS. Al-Hijr : 29 ).

“ Maka tanyakanlah kepada mereka ( Kaum Musyrikin ) ‘ Apakah mereka lebih kuat kejadiannya ataukah apa yang telah kami ciptakan itu ?.Sesungguhnya kami telah menciptakan meraka dari tanah liat. “ ( QS. Ash-Shaffat : 11 ).

“Dia telah menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar “. ( QS. Ar-Rahman : 14 ).

Sedangkan manusia yang selanjutnya yang merupakan keturunan Nabi Adam diciptakan dari sari pati,Sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Al-Quran :

“ Kemudian Dia menjadikan keturunannya ( Nabi Adam ) dari sari pati air yang hina ( mani ). (QS. As-Sajada : 8 ).

Maka salahlah apa yang dilontarkan oleh Charles Robert Darwin bahwa manusia adalah merupakan hasil seleksi alam ,bahwa manusia berasal dari kera.Pendapat ini tidak bisa kita terima.Dan bukan saja tidak bisa diterima tetapi wajib kita tentang karena bertentangan dan tidak sesuai dengan aqidah agama islam .

Sebenarnya teori ini terlebih dahulu telah dikemukakan oleh kakeknya Erasmus Darwin.kalau sekiranya teori itu benar ,maka tentu manusia akan berubah lagi,karena seleksi alam yang tak pernah berhenti.Lalu akan jadi apa manusia nantinya? Nyatanya sejak Nabi Adam sampai sekarang,manusia tetap manusia. Selain bukti-bukti dan alasan tadi ,kita wajib menolak teori Darwin dengan bermacam-macam alasan seperti :

1. Jumlah krosmon pada sel tubuh manusia adalah 46,sedangkan pada kera 48.
2. Perbandingan berat otak dengan berat badan manusia adalah 1:50,sedangkan pada kera 1:225.
3. Manusia pandai dalam berbicara sedangkan kera tidak.
4. Manusia pandai membuat segala sesuatu untuk kepentingan hidupnya ( berbudaya ) sedangkan kera tidak.
5. Manusia punya akal untuk berpikir sedangka kera tidak.
6. Jenis bulu manusia berbeda dengan kera ,bulu manusia mengandung belerang sedangkan bulu pada kera mengandung pigmen.
7. Manusia tidak berbulu seluruh badannya sedangkan kera berbulu seluruh badannya.
8. Manusia tidak berekor sedangkan kera berekor.
Teori Darwin bukan hanya bertentangan dengan ajaran Islam saja ,melainkan berselisih jauh juga dengan ajaran Kristen,Yahudi dan lain-lain.

Penciptaan Embrio
Embrio adalah ilmu yang membicarakan pertumbuhan janin dalam kandungan ibu.Ilmu ini mulai berkembang di Erofah pada pertengahan abad ke XVII,sedangkan Al-Quran sepuluh abad yang lalu itu telah memuat penjelasan-penjelasan yang terperinci tentang asal kejadian manusia dan pertumbuhan mulai dari asalnya sampai perkebangannya di dalam rahim (uterus ).Banyak ayat-ayat yang menerangkan hal itu antara lain :

“Sesungguhnya Kami jadikan manusia dari sulalah ( sari pati ) tanah.”(QS.Al-Mu’minuun :12 ).

“Hendaklah manusia melihat dari apa ia diciptakan .Ia tercipta dari air yang terpancar ,yang keluar dari antara tulang sulbi dan tulang-talang rusuk .”(QS.Ath-Thariq:5-7).

“Allah menciptakan manusia dari segumpal darah.”(QS.Al-‘Alaq:2).

Para ahli geologi mendefinisikan ,tanah ialah batu-batuan yang sudah hancur bercampur bahan-bahan organik yang sudah lapuk berupa sendimen (endapan),atau lumpur yang sudah mengeras sehingga dapat ditumbuhi tumbuh-tumbuhan.
Ahli kimia ,menurut mereka tanah adalah campuran dari unsur-unsur kimia yag berjumlah 92 jenis.Terlepas dari dua pengertia di atas ,yang jelas bahwa penelitian secara kimiawi mwnunujukkan bahwa sel-sel tubuh manusia tersusun dari unsur-unsur kimia seperti C (carbonium),O (oxigenuim),H (hidrogenium),N (nitrogenium),K (kalium),P (pospor),S (sulfur),Ca (calcium),Fe (ferum),Mg (magnesium) dan lain-lain.

Fotosintesis dan Penyerbukan
Sel-sel tubuh manusia berasal dari zat makanan dan zat hewani.Sel-sel daging hewan dan sel-sel tumbuhan terdiri atas unsur-unsur pokok yang membangun sel-sel tubuh manusia.Di antara makhluk-makhluk organik itu hanya tumbuh-tumbuhanlah yang mendapat makanan langsung dari tanah.Unsur-unsur tanah itu dalam bentuk larutan ,diisap oleh bulu-bulu akar yang sangat halus dan memiliki sifat kafiler.Dengan daya kafiler naiklah ia sampai kedaun ,seperti minyak tanah naik ke sumbu lampu.Maka terjadilah peristiwa fotosintesis ( foto artiya penyerapan sinar,sintesis artinya senyawa ).Tumbuh-tumbuhan menghirup karbondioksida dari udara.Berkat adanya klorofil ( zat hijau daun ) dan dengan bantuna sinar matahari ,tumbuh-tumbuhan mampu mengubah CO2 dan air yang di serap dari dalam tanah tadi menjadi glukosa dan oksigen.

Adupun penyerbukan sering terjadi pada bunga.Bunga itu ada dua bagian .Bunga jantan yang mempunyai serbuk sari dan bunga betina yang mempunyai putik.

Adakalanya bunga jantan dan betina dalam satu tangkai ,maka terjadilah penyerbukan sendiri oleh angin ataupun serangga.Adakalanya kedua bunga itu tidak setangkai seperti pada jagung maka terjadi penyerbukan serumah karena masih pada satu batang.Tetapi adakalanya bunga jantan dan betina tidak pada satu batang,maka dalam hal ini terjadilah penyerbukan silang.Tumbuh-tumbuhan yang penyerbukannya dilakukan oleh manusia adalah kurma dan panili.

Pencernaan Makanan
Lidah adalah indera pengecap yang dianuugrahkan Allah kepada manusia.Ia mempunyai perana penting dalam mencerna makanan yang masuk ke tubuh kita.Fungsi lidah berpusat pada sekelompok sel-sel yang ada pada kuncup-kuncup pengecap.Perlu kita ketahui bahwa kuncup lidah jumlahnya mencapai 9000 kucup,dari ujung lidah terus sampai ke dalam.Oleh karena itu,begitu makanan masuk ,bertemu dengan lidah ,kita sudah dapat merasakan enak dan tidaknya sebuah makanan.

Di mulut juga terjadi pencernaan mekanik oleh gigi-gigi kita .Terjadi juga pencernaan kimia ,oleh enzim yang mengubah zat tepung menjadi zat gula.Enzim itulah yang disebut amilase.

Ludah mempunyai fungsi yang tak kalah pentingnya .Ia bertugas melicinkan makanan dan suhu makanan yang bisa menyiksa lidah dan kerongkongan bila terlalu panas.Juga lidahlah yang menghancurkan makanan yang beku karena di eskan,juga mengurangi pengaruh pedas serta menyederhanakannya.

Di lambung telah disiapkan oleh Allah bermacam-macam enzim dengan fungsi masing-masing yang sama-sama penting bagi keselamatan tubuh manusia.Asam hidro kolidra dengan kadar konsentrasi sampai 4 atau 5 permil,merupakan ukuran yang pas-pasan .Kalau urang dari itu ,maka pencernaan menjadi tidak sempurna ,sedangkan kalau lebih bisa membakar hangus jaringan-jaringan lambung.Alangkah bijaksananya Allah.

Kumudian terjadi pencernaan yang ketiga kalinya di usus dua belas jari.Makann yang sudah lembut itu meluncur lagi ke dalam usus halus yand dindingnya berlipat dan berjonjot.Usus halus panjangnya 6,5 meter.Mengapa panjang sekali ? karena di sini terjadi absorpsi yaitu penyerapan sari makanan oleh sel-sel dinding halus ,lalu diedarkan melalui pembuluh darah.

Setelah zat-zat makanan itu dihisap maka ,maka tinggal ampas saja yang masuk ke dalam usus tebal (kolon) yang panjangnya kira-kira 1 meter.Batas antara usus halus dengan usus tebal adalah usus buntu yang mempuyai ujung seperti apendiks.Usus buntu itu persis terletak pada pangkal paha kanan,dan sangat berbahaya bila kemasukan biji-bijian kecil.Maka sangatlah bijaksana Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam,bila beliau sedang menyantap makanan maka beliau mendirikan paha kanannya yang mulia agar terpelihara dari radang usus dikarenakan kemasukan biji-bijian tersebut.

Bagian terakhir dari usus tebal disebut rectum ( pelepasan) panjangnya 15 cm.Muaranya yang sering kita sebut dengan anus yang mempunyai dua otot gelang ,yang satu otot sadar,yang lainnya otot tak sadar.

Pembentukan Zigota
Perlu di ingat bahwa agama menganjurkan supaya kita pandai memilih pasangan .Karena nuthfah memindahkan sifatnya kepada anaknya,demikian pula ovum.Dr.Marshal menerangkan bahwa,dampak dari susuan ibu akan membekas dan tampak mempengaruhi ovum sejak masih dalam ovarium.Karena lewat ovariumlah sifat-sifat ibu berpindah kepada ovum ,di mana kadang-kadang bila ada penyakit mulai tampak ketika ovum sudah tumbuh dalam uterus.Sel-sel sperma dari lelaki bejat atau sel telur dari wanita jalang,nantinya besar kemungkinan akan menghasilkan keturunan yang rusak.Ini pada galibnya,maka pilihlah pasangan yang baik.

Waktu melakukan hubungan biasanya sel sperma yang dilepaskan sampai 500 juta,kadang-kadang sampai 2 miliar sel dan hanya satu sel saja yang akan diterima oleh ovum.Allah Maha Kuasa .Kalau satu sel sudah berhasil membuahi ovum,maka sel yang datang belakangan tidak akan diterima sampai ia mati di tempat.

Dalam hal ini juga,bisa memprediksikan anak laki-laki atau anak perempuan yang akan lahir.Terbuktilah apa yang disabdakan oleh Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam tentang jenis kelamin .Penelitian mandel berpendapat bahwa jenis kelamin manusia ditentukan oleh sepasang krosmon seks.Krosmon XX menghasilkan anak perempuan sedangkan XY menghasilkan anak laki-laki.Dan hal ini semua sudah dijawab oleh Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam haditsnya :

“ Apabila air lelaki mendahului air dari perempuan maka anak itu serupa dengan ayahnya.Dan apabila air perempuan mendahului air lelaki maka anak itu akan serupa dengan ibunya.”( HR.Bukhari ).

Sekarang kita akan kembali merenungi bagaimana pertumbuhan dan perkembangan zigota tadi sampai akhirnya kita melihat makhluk yang tampan,cantik,paintar lagi cerdas.Perubahan ini sungguh mengagumkan.

1. Keadaan Pada Bulan Pertama
  Zigota akan membelah diri menjadi 2 sel,lalu menjadi 4 sel,menjadi 8 sel,dan seterusnya sampai menjadi berjuta-juta sel yang membentuk tubuh manusia.Pada umumnya mulai terbentuk secara sangat sederhana setiap anggota tubuh yang akan kita gunakan nantinya ketika lahir.Panjang janin Cuma ¼ inc ,kemudian bertambah volumenya menjadi 50 kali lipat ,sedangkan bobotnya bertambah 8000 kali lipat.

  Sejalan dengan perkembangan sel-sel itu maka diujung sebelah luar bulatan zigota itu terbentuk suatu lapisan khusus yang berisi makanan.Itulah yang di namakan dengan tropobalst.

  Janin berkembang terus hari demi hari ,sementara tropobalst membuat sarang bagi zigota pada dinding uterus.Adapun bagian atas membentuk amnion atau selaput janin yaitu kantong yang berisi air ketubah.Dan kegunaannya adalah untuk meredam getaran-getaran dari luar yang diakibatkan oleh benturan-benturan yang mengenai badan ibu.Getarannya segera diperkecil,sehingga tidak membahayakan janin.

  Disaat yang sama ,pada keping janin mulai tampak perkakas-perkakas saraf.Selanjutnya terbuatlah saluran pencernaan,terbentuklah usus dan perut,dan mulailah keping janin itu ditengahnya melengkung ke atas menyerupai saku panjang ,sedang kedua ujungnya masih tertutup.

  Demikianlah oragan-organ tubuh manusia terbentuk secara berangsur-angsur karena Allah mau memperlihatkan kekuasaan-Nya yang sempurna terhadap hamba-hamba-Nya.

  Kesimpulannya nuthfah yang telah membuahi ovum tersebut telah mengalami perubahan secara berangsur-angsur ,setelahnya menjadi alaqah .Firman Allah :

“ Kami jadikan nuthfah itu alaqah ( darah ) dana Kami jadikan alaqah itu mudlghah “.

2. Pada Bulan Kedua
  Bentuk Embrio seperti berudu.Kepalanya besar,mempunyai celah-ceah sirip yang terdapat pada ikan.Bakal lengan dan kaki bentuknya masih tidak beraturan,hanya merupakan tonjolan-tonjolan saja,tetapi tentu akan mirip manusia biasa.Sepanjang bulan janin berkembang terus ,organ-organ tubuh manusia semakin sempurna.

  Ketika itu panjang janin sudah enam kali lipat,kira-kira 1,5 inc,sementara beratnya mencapai 500 kali.Pembentukan wajah semakin hari semakin sempurna.Dan akhirnya pada akhir minggu terakhir pada bulan ini ,terbetuklah kelopak mata dan tak lama sesudah itu kedua mata itu terpejam pula.

  Penciptaan kaki dan tanganpun berlangsung terus ,setahap demi setahap disempurnakan ; raingkaina perubahan ang dibentuk oleh kedua anggota badan ini unik sekali.Janin berkembang terus tak pernah berhenti ,mulailah terbentuk kerangka yang terdiri dari tulang rawan,yang lama kelamaan bersama zat kalsium (kapur) yang melingkupinyaberubah jadi tulang keras.

  Proses seperti itu berlangsung terus menerus ,samapai menjelang lahirnya cabang bayi.Sampai ia lahir hingga masa kanak-kanak ke masa ramaja dan barulah akan berhenti ketika manusia mencapai kematangan.

3. Pada Bulan Ketiga
  Antara sifat kelakian dan kewanitaan semakin jelas pada bula ketiga.Karena janin yang laki mulai menempuh perkembangan jenis kelamin setahap demi setahap.Seangkan janin wanita bisa ditandai dengan kelaminya yang tidak berkembang.Tali-tali suara yang nantinya akan kita gunakan sudah mulai dibenahi ,meskipun dalam bentuk yang sangat sederhana dan belum bisa digunakan.tali-tai suara itu laksan senar biola,sudah dipersiapkan sedini mungkin,padahal yang jelas ia belum bisa digunakan,sampai anak berumur 6 bulan.

  Sel-sel lambung mulai mengeluarkan ludah untuk melicinkan makanan yang masu.Wajah,tulang-tulang rahang,tulang pipi sampai tulang hidung semakin jelas pertubuhannya pada bulan ini.

4. Pada Bulan Keempat
  Pada bulan ini panjangnya sudah mencapai 8 inc,berarti sekitar ½ panjang ketika ia dilahirkan.Pada saat itu belum persis bentuknya seperti manusia.Kepalanya masih besar,punggungya masih luas sedangkan kakinya sangat pendek.

  Setelah berakhir bulan keempat ,maka janin ditiupkan ruh oleh malaikat.Sabda Rasulullah :

“Kemudian diutuslah Kepadanya Malaikat.Maka Malaikat itu meniupkan ruh padanya.”

5. Pada Bulan Kelima
  Bentuk tubuh pada bulan kelima menjadi lebih lurus.Pada bulan kelima ini pula janin sudah bertambah panjang dan bertambah berat.Panjangnya sudah mencapai 30,4 cm,sedangkan beratnya 2.564 gram.Kulitnya masih tetap keriput .

6. Pada Bulan keenam
  Kelopak mata mulai terbuka,yang tadinya pada bulan kelima tertutup.Pada lidah mulai dibentuk kuncup-kuncup pengecap yang sangat banyak.

7. Pada Bulan Ketujuh
  Maka pada bulan ketujuh ini perkembangan tubuh sudah sempurna,maka mulailah janin bersandar pada diri sendiri,bukan pada orang lain.Panjangnya bertambah 16 inc,beratnya mencapai 7.692 gram.

8. Pada Bulan Kedelapan dan Terakhir
  Kalau semua organ tubuh dan semua perkakas saraf sudah sempurna pada bulan ketujuh,maka masa dua bulan terakhir bagi janin adalah dia gunukan untuk diperintahkan oleh Pencipta Yang Maha Pemurah.Dengan demikian terciptalah seorang makhluk yang cantik ,seakan-akan bukan berasal dari sel-sel yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata telanjang.Tebuktilah kebenaran firman Allah dalam surat Al-Mu’Minuun :

“Kemudian kami tumbuhkan ia menjadi makhluk yang lain.Maka Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta “.

“Dialah yang membentuk kamu dalam kandungan menurut kehendak-Nya.”

“Allah menjadikan kamu dalam Rahim ibumu setahap demi setahap dalam tiga kegelapan”.

Kelahiran
Begitu bayi lahir ,iapun menjerit,yang menurut penjelasan dalam kitab-kitab agama,dia diancam oleh syaitan-syaitan yang disebut Ummush Shibyan.Mengapa bayai menjerit ketika dilahirkan menurut sains? .Didalamnya terkandung hikmah yaitu bayi menangis karena saat itu ia gunakan untuk mengisi paru-parunya dengan udara.Dia perlu mengadakan pembakaran dalam tubuhnya dengan oksigen,untuk memperoleh tenaga.

Mata bayi ketika lahir sekalipun dapat merasakan cahaya yang masuk ke lensa mata tetapi bayangan yang jatuh pada retina belum terpusat di satu titik.Berangsur-angsurlah mata itu meyesuaikan ,buat sementara keadaanya juling.

Oleh: Muhammad Husni Haikal